Senin, 12 Desember 2011

Banur: Materi Super Bukan Jaminan Juara

Pergerakan Persib Bandung di bursa transfer dari musim ke musim dapat dikatakan luar biasa. Tim ini selalu berhasil memboyong pemain-pemain ternama Indonesia ke kota Bandung. Namun sayangnya, materi pemain yang bagus tersebut tidak juga memberikan hasil yang maksimal. Sebaliknya, Persib selalu menemui kesulitan bersaing dengan tim lain.
Bagusnya materi pemain Persib juga diakui pelatih Persiram Raja Ampat, Bambang Nurdiansyah. Mantan pemain nasional Indonesia ini bahkan mengatakan Persib dengan materi pemain super dari musim ke musim. Hanya sayangnya, ke-super-an materi ini tidak diikuti oleh prestasi.
“Persib tidak pernah jelek kalau mengontrak pemain, hasilnya yang jelek. Tahun kemarin saja mereka bermaterikan pemain bagus, sekarang ada Ilham, Pitoy, Maman,” puji pria yang akrab dipanggil Banur ini.
Pria berusia 53 tahun ini mengatakan ketiadaan korelasi antara materi dan prestasi. Bambang mencontohkan tim Manchester United (MU) yang bermaterikan pemain muda, namun mampu menjaga prestasinya. Sebaliknya, ada banyak tim yang memelihara banyak pemain bintang, namun akhirnya terpuruk. Dan fenomena ini merupakan fenomena yang biasa terjadi di sepakbola.
“Bisa terjadi dimana saja. Bertabur bintang bukan jaminan prestasi. MU tidak bertabur bintang, mereka diisi pemain-pemain muda, tapi bisa bermain bagus. Banyak faktor untuk berprestasi, misalnya saja salah satunya kondusifitas,” papar Bambang.
Sebagai pelatih yang berpengalaman menangani pemain junior, pelatih yang pernah menangani Indonesia U-23 ini mengaku sangat mengenal para pemain Persib. Bambang mengatakan bahwa sebagian besar pemain Persib pernah menjadi anak buahnya dan mengakui mereka mempunyai talenta sepakbola yang luar biasa.
“Atep, Ilham, Zul, dll itu anak buah saya semua karena saya dulu di junior. Mereka dari dulu bagus dan mempunyai bakat yang luar biasa. Tapi pada pertandingan besok, tentu saja mereka tidak akan bisa seenaknya saat lawan kami. Tentu akan ada antisipasi,” ujar pelatih yang juga pernah menangani tim PSIS Semarang dan Arema ini.
Pelatih yang baru dikontrak manajemen Persiram musim ini menargetkan bisa mencuri angka dari tuan rumah. “Targetnya mendapatkan angka, satu atau tiga. Seandainya hasilnya lain, tentu tidak masalah,” tutup Bambang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar